Pages

Senin, 08 Februari 2016

Antusiasme warga terhadap sistem mina padi

Sistem pertanian mina padi merupakan sistem pertanian terpadu yang menggabungkan antara sektor pertanian dengan sektor perikanan guna meningkatkan produktivita slahan. Dalam sistem ini budidaya tanaman padi dibarengi dengan budidaya ikan dalam satulahan yang sama, dengan demikian petani dapat memanen dua jenis hasil yang berbeda yaitu padi dan ikan dari satu lahan. Sistem pertanian mina padi ini memerlukan pasokan air yang stabil dan terus ada selama proses pelaksanaannya. Faktor ketersediaan air merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena erat hubungannya dengan keberlangsungan hidup ikan yang dibudidayakan. Selain itu dalam sistem ini tanaman padi yang digunakan merupakan varietas padi yang tahan akan genangan.
Penyuluhan sistem pertanian terkini yaitu mina padi dipilih untuk dilaksanakan di Desa Karang Entang karena sebagian besar penduduk Desa Karang Entang berprofesi sebagai petani dan tanaman yang dibudidayakan adalah padi sawah. Terlebih lagi di Dusun Cangkreng terdapat sumber air yang airnya terus mengalir meskipun dimusim kemarau sehingga kebutuhan air untuk sektor pertanian selalu tercukupi. Dengan demikian, sistem pertanian ini sangat cocok untuk diterapkan di desa tersebut.
Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di SDN Karang Entang pada hari jumat 07 Agustus 2015 tersebut disambut dengan antusias oleh petani Desa Karang Entang. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya petani dari beberapa kelompok tani Desa Karang Entang yang hadir pada pertemuan tersebut. Penyuluhan tersebut bertujuan agar para petani di Desa Karang Entang mengetahui serta paham mengenai sistem pertanian yang sedang berkembang saat ini dan juga diharapkan setelah menghadiri penyuluhan tersebut para petani memiliki kemauan guna menerapkan sistem pertanian mina padi tersebut pada lahan mereka. Antusiasme warga terhadap sistem pertanian mina padi tidak hanya terhenti setelah proses penyuluhan selesei, beberapa petani yang hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut langsung menemui pemateri secara personal guna meminta informasi lebih lanjut mengenai sistem pertanian tersebut dan juga mereka berniat akan membagikan informasi tersebut kepada anggota kelompok taninya serta petani lain yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut agar ikut serta menerapkan sistem mina padi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates