Pages

Senin, 08 Februari 2016

Profil Desa Karang Entang

Karang Entang merupakan salahsatu desa yang terletak di selatan pulau Madura, tepatnya berada di Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Karang Entang memiliki empat dusun, yakni Dusun Karang Entang, Dusun Cangkreng, Dusun Duko Anyar dan Dusun Sumur Jenjeng. Desa ini bisa dikatakan daerah dengan lokasi yang cukup akan air bahkan bisa dikatakan lebih.
Perbatasan Desa Karang Entang
  1. Desa Paorang di sebelah barat, berbatasan dengan Dusun Duko
  2. Desa Pandanan di sebelah timur, Dusun Bujur
  3. Desa Pesanggrahan di sebelah selatan, Dusun Paoran Barat
  4. Desa Paoran di sebelah utara
Hal ini dikarenakan letak geografis Desa Karang Entang yang berada pada dataran rendah dan sumber air yang hanya beberapa meter saja dari permukaan tanah. Berbeda dengan desa-desa tetangga yang sangat susah hanya untuk mendapatkan air, bahkan harus membeli untuk mendapatkan air. Dengan banyaknya air yang bisa didapatkan di Desa Karang Entang, tidak heraan jika desa ini merupakan tempat yang cocok untuk ditanami beberapa tanaman seperti pohon gayam, pohon pepaya, pohon magga ataupun bercocok tanam padi.
Padi menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat di desa ini, karena petani merupakan mata pencaharian utama rata-rata masyarakat di desa ini, karena petani merupakan mata pencaharian utama rata-rata masyarakat Karang Entang. Nampak jelas bilamana kita berkunjung ke desa ini seluas mata memandang, kita disuguhi dengan pemandangan persawahan yang begitu luas dan indah. Dengan jumlah penduduk menyentuh angka seribu orang, desa ini nampak tetap eksotis dengan keindahan alam serta keramahan warganya. Uniknya, hasil panen padi tidak dijual seluruhnya melainkan untuk dikonsumsi sendiri. Hanya saja bila membutuhkan uang, para petani disini akan menjual seluruh hasil panennya untuk memenuh biya hajatan. Begitulah kehidupan petani rata-rata masyarakat Madura, khususnya para petani di Karang Entang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates