Pages

Senin, 08 Februari 2016

Semangat Pemuda Karang Entang

Desa Karang Entang merupakan desa yang terletak diwilayah paling selatan Kab.Bangkalan tepatnya di kecamatan Kwanyar, desa ini memilki keunikan yang sangat jarang dijumpai di daerah lain keunikan tersebut terletak pada para pemuda dan masyarakat desa yang dimana para penduduk desa karang entang sangat menjaga tradisi dan moral yang telah diwariskan oleh para leluhur.
Desa karang entang terkenal dengan pusaka pusaka yang dimiliki oleh leluhur mereka yang dimana pusaka tersebut dipercaya memiliki kekuatan spiritual. Pusaka tersebut diwariskan kepada generasi penerus yang memiliki garis keturunan dari leluhur desa.
Pemuda desa Karang rata rata memilih merantau ke luar daerah desa karang entang untuk mengadu nasib di daerah rantau sebab pemuda desa karang entang memiliki semangat untuk tidak tergantung kepada keluarga mereka, daerah rantau yang dituju oleh pemuda desa karang entang biasaya di wilayah Jakarta, Surabaya, bahkan sampai ke Malaysia untuk mengadu nasib.
Terlepas dengan pemuda desa yang merantau ke luar daerah terdapat pula pemuda desa yang tinggal di desa karang entang pemuda desa Karang Entang sangat menjunjung tinggi nilai nilai agama, moral, kekeluargaan dan gotong royong antar pemuda baik terhadap yang lebih tua maupun lebih muda. Semangat yang seperti ini jarang sekali dijumpai didesa lain bahkan sangat langka ditemui dikota kota metropolitan.
Pemuda desa Karang entang dalam hal agama sangatlah menjunjung tinggi nilai nilai agama hal ini terbukti dari usia dini mereka di didik di sekolah Madrasah yang dimana disekolah madrasah tersebut diajarkan banyak hal tentang agama, tidak hanya itu pemuda desa Karang entang sangat aktif dalam kegiatan Yasinan yang diadakan rutin setiap malam jumat dan bagi pemudi mereka juga aktif dalam kegiatan Fatayat yang diadakan setiap hari selasa.
Selain dalam hal keagamaan pemuda desa karang entang juga memiliki jiwa social yang sangat tinggi dalam hal ini jika ada penduduk desa yang meninggal dunia maupun tertimpa musibah mereka secara gotong royong tanpa ada rasa membeda bedakan mereka selalu aktif untuk bergerak membantu yang tertimpa musibah.
Kebersamaan dan kehidupan masyarakat Karang Entang sangatlah Harmonis mereka bersatu dalam hal apapun untuk menuju suatu kebaikan bersama sebab masyarakat Karang entang sangat menjujung nilai nilai kebersamaan dalam hal apapun baik yang bersifat politik, agamis maupun gotong royong. Dalam hal itu pemuda desa Karang entang mencerminkan dengan adanya kegiatan bermain sepak bola setiap hari kecuali hari kamis dikarenakan hari kamis merupakan hari yang di istimewakan oleh leluhur mereka untuk melakukan kegiatan keagamaan seperti yasinan Dll. Tidak hanya sekedar itu pemuda desa sangat antusiyas menyambut kehadiran anggota KKN dan mereka tanpa rasa canggung membantu semua hal kegiatan yang direncanakan untuk desa Karang Entang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates