Pages

Senin, 08 Februari 2016

Kehidupan Desa Karang Entang

Melewati persawahan yang begitu luas nan indah. Fikiran melayang sejenak ketika sampai di Tol suramadu jika Desa Karang Entang adalah desa yang sedikit penduduk dan desa yang tertinggal. Karena awal dari survey kami hanya melihat sawah-sawah yang begitu luas. Tidak terbayangkan ketika sampai dan mengenal Desa Karang Entang selama kurang lebih 2 minggu dan mengenal masyarakat sekitar sungguh luar biasa kearifan masyarakatnya ketika menyambut kami dengan suka cita.
Menurut saya Desa Karang Entang adalah desa yang penuh potensi. Dalam bidang pertanian, terhampar sawah melimpah penuh padi, kacang hijau, kacang tanah dan jagung. Ternyata mayoritas masyarakat Desa Karang Entang bermata pencaharian sebagai petani padi. Petani padi di Desa Karang Entang masih menggunakan alat tradisional yaitu kerbau, tidak menggunakan tenaga pembajak yang modern. Dalam bidang perekonomian, masyarakat desa Karang Entang menggunakan hasil pertaniannya sebagai konsumsi sehari-hari. Banyak juga masyarakat Desa Karang Entang mengadu nasib ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.
Masyarakat Desa Karang Entang sangat menjunjung tinggi adat istiadat sebagai orang madura yang terkenal dengan agamisnya. Agama sangat kental, maka masyarakat sangat mengharapkan kesopanan dan kedisiplinan kepada kita semua.
Masyarakat begitu antusias terhadap kedatangan kami untuk mengabdi selama kurang dari 24 harI. Kami selalu diberi arahan dan masukan disaat menjadi masyarakat baru.Masyarakat selalu mengajak kami sharing dan silaturrahim supaya kami dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan tokoh masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates