Pages

Senin, 08 Februari 2016

Sejarah Desa Karang Entang

Desa Karang Entang adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Desa Karang Entang memiliki jumlah penduduk sekitar 1500 jiwa. Pada umumnya mata pencaharian warga Desa Karang Entang adalah sebagai petani padi. Terdapat dua versi yang diperoleh tentang asal usul nama desa Karang Entang. Versi pertama diceritakan bahwa dahulu ada seseorang yang bertapa di pinggir sungai kemudian ia melihat besi yang mengambang dan melawan arus air sungai dan ada binatang yang tidak dapat diburu oleh orang-orang. Kemudian petapa mengambil besi yang mengambang dan melemparkannya kepada hewan tersebut. Akhirnya hewan itu mati. Dalam bahasa Madura mengambang adalah "ngantang", maka desa tersebut diberi nama Karang entang. Akan tetapi terdapat perbedaan cerita asal-usul nama desa karang entang dengan versi kedua. Versi kedua menceritakan bahwa dahulu terdapat karang yang mengambang sehingga oleh masyarakat setempat di sebut "karang ngantang".
Desa Karang Entang memiliki 4 dusun yaitu Cangkreng, Sumur Jenjeng, Duko Anyar, dan Karang Entang. Di desa Karang Entang terdapat sebuah makam yang di keramatkan oleh warga setempat. Menurut informasi yang kami peroleh, makam tersebut dapat mengeluarkan semburan api apabila Desa Karang Entang mengalami bahaya, namun api tersebut hanya bisa dilihat oleh warga selain warga Desa Karang Entang. Sampai informasi ini diperoleh belum ada bukti dan tidak diketahui penyebab hal tersebut.
Sejarah Desa Karang Entang mengenai pendidikan juga baik. Dahulu Desa Karang Entang adalah salah satu desa yang memiliki Sekolah Dasar yang pertama didirikan dibandingkn desa tetangga. Sehingga banyak anak dari desa tetangga sekitar menuntut ilmu di Desa Karang Entang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates